Home » » Tips Sukses Usaha di Bidang Apotek

Tips Sukses Usaha di Bidang Apotek

 Di awal usaha memang suatu perusahaan harus menampilkan sesuatu yang menarik. Daya trik ini bisa dikembangkan dari berbagai aspek. Aspek pertama adalah bentuk fisik atau tangibility, menentukan agar sesuatu bisa menarik. Untuk apotek terutama berkaitan dengan kesehatan, sebisa mungkin muncul, misalnya kebersihan, tempat kamar kecil yang layak tersedia dan ruang tunggu yang nyaman. Apotek yang memiliki kamar kecil yang layak menjadi salah satu aspek yang penting. Orang yang menunggu resep, lebih-lebih yang sakit mungkin sering ke kamar kecil yang komplit dengan sabun cuci tangan cair.
Aspek kedua adalah pemahaman terhadap pengunjung atau yang disebut sebagai empati. Para karyawan yang melayani bisa memahami kondisi pelanggan yang membeli obat. Kondisi dari pelanggan adalah dalam kondisi sakit, mungkin saja pembeli adalah pengantar yang yang cukup khawatir karena yang diantar sakit, bisa anak, istri atau suami juga anggota keluarga yang lain. Pembeli juga merasa khawatir biaya pengobatan yang tinggi.

Untuk mewujudkan empati ini, karyawan apotek perlu ramah, mempersilahkan dengan kesabaran dari pembelinya untuk menunggu. Empati juga bisa diwujudkan dengan pakaian seragam yang tidak menggunakan warna yang mencolok. Warna lunak/soft bisa membantu, yaitu hijau muda, kuning, biru muda, putih bisa menjadi pilihan.

Aspek ketiga adalah cepat tanggap atau respons segera terhadap tamu. Sering seseorang ke apotek namun petugas tidak kelihatan, sehingga terpaksa harus ketuk-ketuk meja dengan keras-keras. Pelayanan resep yang lama, perlu diberitahukan. Misalnya ini ada puyet sehingga perlu ada waktu tambahan untuk membuatnya, mohon sabar menunggu. Dengan adanya komputerisasi, mencari harga obat diresep juga akan mempercepat pelayanan.

Aspek keempat adalah kepercayaan yang tinggi dari konsumen perlu dibangkitkan. Ada apotek yang menulis di etalase, obat yang dijual asli semua. Meskipun kita tahu bahwa semua apotek menjual obat yang asli.

Aspek kelima adalah kepastian terhadap layanan yang baik. Di samping pemuatan tulisan asli yang digunakan apotek, layanan lain untuk meyakinkan pembeli bisa dilakukan. Tempat yang rapi, produk yang ditata rapi, banyak promosi produk dengan tampilan rapi, bisa meyakinkan pembeli. Penjelasan manfaat obat yang dibeli semakin menjadikan keyakinan bagi pembeli. Penjual bisa memberi penjelasan manfaat obat. Sering sangat diperlukan, obat mana yang harus habis sudah ditandai merah di amplop plastik, dan teknik lain disajikan kepada pembeli.

Apotek memerlukan investasi yang sangat besar. Tidak hanya apotek, tetapi semua usaha harus bertahan lama. Untuk meningkatkan penjualan memang harus dilakukan berbagai usaha. Promosi perlu dilakukan, promosi paling sederhana adalah papan nama yang jelas, teranng dengan neon box, pelayanan yang ramah, sopan, tempat tunggu yang nyaman. Produk apotek perlu sesuai dengan target pasar yang dituju. Bila apotek ini untuk lingkungan menengah ke atas, tentu obatnya berbeda dengan golongan menengah ke bawah. Mengapa berbeda, karena ada dugaan penyakit golongan atas berbeda dengan golongan bawah. Masalah harga bisa menjadi pertimbangan untuk promosi. Untuk harga murah, berarti untuk menengah ke bawah dengan menjual obat generik, yang akan berbeda dengan kelas atas yang memerlukan obat paten. Tempat usaha yang strategis, juga bisa meningkatkan penjualan, termasuk ketersediaan tempat parkir yang memadai.


Kendala-kendala yang dihadapi terutama adalah aspek internal berkaitan dengan ketersediaan barang. Bila apotek menyediakan jenis obat yang banyak, tentu investasi semakin besar dan menghabiskan tempat. Bila sediaan jenis obat sedikit pelanggan akan kecewa. Dengan demikian perlu diamati pengendalian sediaan, mana yang cepat laku dan kurang laku. Usahakan jangan sampai kehabisan sediaan atau stock out. Tetapi juga tidak boleh sediaan berlebih untuk obat yang kurang laku atau “overstock”. Aspek eksternal adalah munculnya pesaing baru yang tidak kita perhitungkan. Layanan yang baik akan mengatasi hal ini. Dengan pelayanan prima dari apotek, diharapkan akan dapat unggul dalam persaingan.

0 komentar:

Posting Komentar